Janin Keguguran Karena Kegiatan Sepele

janin keguguran

Janin keguguran bisa disebabkan apa saja. Bahkan, hal yang sepele pun bisa menyebabkan hal tersebut. Misalnya saja hanya sekedar mengkonsumsi makanan setiap hari atau melakukan kegiatan yang bisa dilakukan setiap hari.

Karena itulah banyak orang yang tidak tahu sebenarnya apa yang menyebabkan keguguran. Karena bisa jadi apa yang lazim dilakukan setiap hari menyebabkan janin keguguran.

3 Kegiatan Penyebab Kandungan Keguguran

Dari beberapa kasus yang sering terjadi, ada tiga hal yang wajar dan biasa dilakukan yang ternyata menyebabkan keguguran. Apa saja itu?

  1. Traveling

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan traveling. Bahkan, tidak sedikit wanita hamil yang tetap menjalankan pekerjaan setiap hari. Mereka berpindah dari kota satu ke kota lain saat sedang hamil karena tuntutan pekerjaan. Itupun aman-aman saja.

Akan tetapi, banyak sekali kasus bayi keguguran diakibatkan oleh traveling. Kenapa? Hal ini biasanya disertai dengan faktor lain. Misalnya wanita hamil memiliki kondisi rahim yang memang rentan mengalami keguguran. Atau ada riwayat pernah mengalami keguguran sebelumnya.

Itulah mengapa para ahli medis tidak menyarankan agar ibu hamil muda melakukan traveling, entah itu untuk urusan pekerjaan ataupun liburan. Ini terkait pada kondisi rahim dan juga janin yang masih belum kuat di saat masa kehamilan muda.

Apakah itu artinya ketika hamil tua boleh melakukan traveling? Tidak juga. Hanya saja, saat kehamilan sudah masuk trimester kedua dan ketiga, maka risiko keguguran itu lebih rendah.

  1. Ngepel Tanpa Alat Pel

Ada yang bilang ngepel sambil jongkok itu bagus untuk ibu hamil. Memang, itu bagus khusus untuk ibu hamil tua. Namun, bagi ibu hamil muda, ini bisa menyebabkan janin keguguran.

Kok bisa? Tentu saja bisa. Ngepel dengan posisi jongkok membuat posisi janin di dalam rahim terhimpit. Jika itu terlalu lama terjadi, janin bisa sulit bernafas. Perkembangannya terganggu hingga akhirnya janin mengalami keguguran.

Apalagi jika pekerjaan rumah tersebut menyebabkan seorang wanita hamil mengalami kelelahan yang luar biasa. Sangat mungkin kondisi tersebut mengakibatkan janin keguguran.

  1. Aerobik

Saat ini, wanita muda gemar sekali aerobik. Ini jenis olahraga menyenangkan yang sangat efektif membuat tubuh bugar. Olahraga tersebut juga bagus untuk membakar lemak.

Memang olahraga aerobik ini terlihat santai. Tidak seperti olahraga lain seperti bermain badminton, bola voli, atau bola basket yang ada kegiatan melompatnya. Jelas ini sangat berbahaya. Namun, aerobik ternyata juga bisa membuat bayi keguguran di dalam kandungan.

Itulah 3 kegiatan sepele yang ternyata bisa menggugurkan janin.

Keguguran Tidak Hanya Terjadi Saat Hamil Muda

Banyak yang mengiri keguguran itu hanya terjadi saat usia kehamilan masih muda. Hal ini juga yang membuat banyak wanita hamil yang menggugurkan kandungan ketika janin masih muda. Mereka menggunakan berbagai cara. Tak terkecuali dengan melakukan kegiatan fisik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Faktanya tidak demikian. Kandungan juga bisa mengalami keguguran di masa kehamilan trimester kedua ataupun ketiga. Hanya saja, kondisi atau faktor penyebabnya berbeda-beda. Umumnya, keguguran di saat hamil muda lebih sering disebabkan kondisi janin dan rahim yang belum kuat. Jadi, rawan sekali terjadi keguguran. Sementara itu, keguguran di masa hamil tua disebabkan oleh kekurangan vitamin yang menyebabkan janin gagal berkembang.

Hal itu pula yang menjadi concern para ahli medis. Lalu, ada juga yang membuat formulasi khusus untuk menggugurkan kandungan, yaitu dengan memberikan semacam obat agar janin gagal berkembang dan akhirnya meninggal di dalam kandungan. Cara ini jauh lebih aman daripada harus melakukan pengangkatan janin melalui tindakan operasi.

Meskipun demikian, dalam praktiknya, menggugurkan janin dilakukan dengan berbagai macam cara. Terutama di Eropa, mereka melakukan praktik dengan banyak metode. Ada yang menggunakan metode operasi. Ada juga yang menggunakan obat-obatan. Tentu saja obat tersebut benar-benar aman digunakan. Obat itulah yang kemudian digunakan jika seseorang menginginkan janin keguguran.




Leave a Reply

Your email address will not be published.


Comment


Name

Email

Url