Efek Samping Menggugurkan Kandungan Secara Asal-Asalan

Efek samping menggugurkan kandungan

Efek samping menggugurkan kandungan itu pasti ada. Namun, hal ini bisa diminimalisir jika proses pengguguran dilakukan dengan cara yang tepat. Penggunaan obat pun tidak boleh sembarangan.

Sayangnya, lebih banyak wanita yang asal-asalan dalam menggugurkan kandungan. Akibatnya, efek samping tidak bisa dihindarkan. Selain itu, ada juga yang proses pengguguran tidak sempurna. Hingga akhirnya bayi lahir dalam kondisi cacat.

Efek Buruk Menggugurkan Bayi

Lalu, apa saja efek samping menggugurkan kandungan? Berikut ini beberapa efek samping yang paling sering dialami:

  1. Masalah pada Perut

Menggunakan obat adalah cara yang paling sering digunakan untuk menggugurkan janin. Hal ini disebabkan biayanya lebih murah. Selain itu, ini dianggap sebagai cara yang sangat mudah.

Hal itulah yang kemudian menyebabkan banyak yang asal-asalan dalam memilih obat aborsi. Akibatnya, efek samping pun tak terelakkan. Mereka mengalami masalah pada perut, mulai dari mual, muntah, hingga masalah dalam sistem pencernaannya.

Kontraksi terjadi ketika obat dikonsumsi. Dan inilah yang kemudian menyebar pada bagian perut. Perut pun merasakan akibatnya.

  1. Sakit Kepala

Sama halnya ketika Anda sakit perut biasa. Terkadang, rasa sakitnya tersebut menjalar ke kepala, bukan? Begitu juga ketika asal-asalan dalam menggugurkan kandungan. Efek samping menggugurkan kandungan bisa berupa rasa sakit di bagian kepala yang tak tertahankan.

Makanya, banyak wanita yang menggugurkan kandungan terlihat lemah dan pusing. Inilah yang efek yang paling sering dialami setelah beberapa menit minum obat aborsi sembarangan.

  1. Pendarahan

Saat terjadi kontraksi, maka bayi akan didorong untuk keluar dari rahim melalui vagina. Karena proses tersebut dipaksa, maka terjadilah pendarahan.

Ini hal yang wajar. Menjadi tidak wajar jika pendarahan terjadi hingga berhari-hari. Jika itu terjadi, nyawa wanita hamil bisa hilang. Karena pendarahan yang terus menerus bisa menyebabkan wanita hamil tersebut kekurangan darah. Dan jika ini dibiarkan saja, maka wanita hamil tersebut bisa meninggal.

  1. Rahim Rusak

Ini efek samping menggugurkan kandungan yang paling dikhawatirkan. Menggugurkan bayi di dalam kandungan berpotensi menyebabkan rahim terluka. Luka tersebut bisa sembuh setelah beberapa bulan. Akan tetapi, jika luka tersebut tidak sembuh, maka rahim tidak lagi mampu untuk mengandung bayi.

Dari keterangan itulah mengapa menggugurkan janin tidak boleh asal-asalan. Ini bukan sekedar bagaimana mengeluarkan bayi dari rahim yang belum saatnya harus keluar. Ini juga berkaitan dengan kesehatan dan juga keselamatan nyawa sang wanita hamil.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggugurkan Kandungan

Mungkin Anda bertanya. Apakah efek samping menggugurkan kandungan tersebut bisa dihindari? Sebenarnya bisa. Dan ini sudah sukses dilakukan di negara-negara maju. Di beberapa negara maju, proses pengguguran bayi sangat aman. Bahkan, pera ahli medis sudah siap untuk membantu proses tersebut.

Pengguguran janin bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja bayi dalam kondisi yang kurang bagus. Atau kehamilan bisa menyebabkan masalah buruk bagi sang ibu. Tentu saja ada alasan lainnya. Karena itulah para ahli medis berlomba-lomba untuk mencari cara yang aman menggugurkan kandungan.

Misalnya saja dengan menggunakan obat aborsi yang sudah dipastikan aman dari para ahli medis. Ini cara yang seharusnya dilakukan jika tidak ingin menggugurkan bayi melalui serangkaian operasi yang dilakukan oleh dokter kandungan.

Tidak hanya itu. Efek samping menggugurkan kandungan bisa diminimalisir jika usia janin masih sangat muda. Semakin muda usia janin, maka semakin mudah mengeluarkannya dari rahim sang ibu.

Yang tak kalah penting lagi adalah kondisi sang wanita hamil. Harus dipastikan kesehatan fisik wanita hamil benar-benar baik. Karena sudah bisa dipastikan tenaganya terkuras untuk proses menggugurkan kandungan ini. Agar ia selamat, maka kesehatannya harus dijaga. Jauh hari sebelum proses menggugurkan kandungan, sebaiknya wanita hamil melakukan persiapan.

Itulah efek samping menggugurkan kandungan. Jika tidak yakin, seharusnya jangan melakukannya. Konsultasi dengan tenaga medis sangat direkomendasikan sebelum menentukan sebuah keputusan. Karena bagaimanapun juga tenaga medis yang tahu tentang kandungan yang lebih mengerti apa yang mungkin bakal terjadi jika proses menggugurkan kandungan dilakukan.




Leave a Reply

Your email address will not be published.


Comment


Name

Email

Url