Bukan Mitos! Inidia Makanan Penggugur Bayi

makanan penggugur bayi

Makanan penggugur bayi itu memang ada. Dan sudah banyak sekali seorang wanita hamil yang mengalami keguguran disebabkan mengkonsumsi makanan tersebut.

Namun, bukan berarti setiap wanita hamil bisa keguguran dengan mengkonsumsi makanan tersebut. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa risiko keguguran itu sangat tinggi jika makan makanan tertentu. Dan itu artinya ada risiko yang bisa dihindari.

Meskipun tidak 100% menyebabkan keguguran, beberapa makanan penggugur bayi sering digunakan. Bahkan, tidak jarang juga ada wanita yang memang berniat menggugurkan kandungan dengan mengkonsumsi makanan tersebut.

5 Makanan Penggugur Bayi

Setidaknya, ada 5 jenis makanan yang paling sering menyebabkan bayi dalam kandungan keguguran. Apa saja itu?

  1. Buah Nanas

Mungkin Anda tidak lagi aneh dengan buah yang satu ini. Banyak sekali orang yang percaya bahwa buah nanas itu bisa menyebabkan kandungan mengalami keguguran. Makanya, seorang wanita hamil sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi buah yang satu ini.

Apakah ini hanya sekedar mitos yang dipercaya dari waktu ke waktu? Awalnya, banyak orang yang menganggap ini adalah mitos. Namun, setelah diteliti, memang ada kandungan di dalam buah nanas yang bisa menyebabkan bayi keguguran. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang menjadi penyebabnya. Inilah yang kemudian membuat nanas dianggap sebagai makanan penggugur bayi.

  1. Pepaya

Untuk yang satu ini, mungkin Anda belum pernah dengar. Bisa juga Anda tidak percaya jika pepaya bisa menyebabkan bayi di dalam kandungan mengalami keguguran.

Sebenarnya, setelah Anda tahu mengapa nanas menjadi makanan penggugur janin, Anda pun bisa dengan mudah mempercayai jika pepaya juga sama. Alasannya sama. Kandungan vitamin C di dalam pepaya sangat tinggi. Sama dengan nanas, bukan?

  1. Kayu Manis

Ini memang bukan jenis makanan. Hanya saja, kayu manis sering dijadikan campuran di dalam sebuah masakan. Gunanya untuk menyedap rasa dan juga aroma.

Contohnya saja ketika membuat kolak atau bubur kacang hijau. Sering kali penjual menambahkan kayu manis di dalamnya. Ternyata, ini bisa menyebabkan kandungan keguguran lho.

  1. Kacang Tanah

Aneh tapi ini fakta. Kacang tanah yang sebenarnya kaya akan kandungan protein nabati ternyata menjadi salah satu dari makanan penggugur bayi. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Menurut medis, kacang tanah hanya bisa menggugurkan kandungan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

  1. Peterseli

Suka menaburi makanan dengan peterseli? Jika ya, sebaiknya jangan kalau Anda tidak ingin mengalami keguguran. Ini memang menambah makanan semakin sedap. Namun, ada fakta di mana peterseli bisa menggugurkan kandungan.

Itulah 5 makanan penggugur kandungan yang harus diwaspadai. Tentu masih banyak lagi makanan yang bisa menggugurkan bayi di dalam kandungan. Hanya saja, kelima makanan tersebut harus Anda benar-benar perhatikan karena tidak banyak orang yang memahaminya.

Waktu Di Mana Bayi Rawan Mengalami Keguguran

Seperti yang sudah disinggung di bagian paling awal, tidak semua makanan penggugur kandungan itu pasti mampu menggugurkan bayi di dalam rahim. Faktanya, ada juga yang tidak menyebabkan apapun.

Hal tersebut tergantung juga dengan kondisi tubuh wanita hamil dan juga bayi yang ada di dalam kandungan. Jika kondisinya bagus dan kuat, maka mengkonsumsi makanan tersebut di atas tidak akan menjadi masalah. Lain hal jika kondisinya kurang baik. Maka, makanan penggugur kandungan bisa sangat berbahaya.

Biasanya, kondisi rahim dan bayi masih sangat rentan itu ketika kehamilan masih di dalam trimester pertama. Ini bisa dilihat mudahnya wanita hamil muda yang mengalami keguguran.

Di sisi lain, para ahli medis juga biasanya menyarankan untuk melakukan pengguguran jika ada masalah dalam kandungan ketika kehamilan masih sangat muda. Ada alasannya. Ketika kehamilan masih muda, pengguguran bayi lebih mudah dan tidak berisiko terhadap wanita yang sedang hamil.

Bahkan, tidak jarang wanita hamil muda yang memang berniat menggugurkan kandungan dengan mengkonsumsi salah satu makanan penggugur bayi tersebut di atas. Karena rentannya kondisi janin, maka mengkonsumsi makanan tersebut di atas bisa sangat mudah membuat perkembangan bayi berhenti. Hingga akhirnya bayi pun mengalami keguguran.




Leave a Reply

Your email address will not be published.


Comment


Name

Email

Url