Ramuan Penggugur Kandungan. Amankah?

ramuan penggugur kandungan

Ramuan penggugur kandungan itu bukan lagi hal yang harus ditutupi. Banyak yang tahu namun hanya beberapa yang efektif.

Jadi, aneh juga jika ada orang yang percaya dengan ramuan menggugurkan kandungan begitu saja. Bisa juga ada efek samping. Bisa juga tidak terjadi apa-apa setelah mengkonsumsinya.

Akan tetapi, jika ditanya apakah ada ramuan penggugur kandungan, jawabannya ada. Namun, jika pertanyaannya apakah aman, ini butuh pembahasan yang lebih Panjang lagi.

Kontroversi Ramuan Penggugur Kandungan

Sebenarnya, pembicaraan tentang ramuan untuk menggugurkan kandungan itu sudah lama terjadi. Bahkan, sudah zaman dahulu kala ini menjadi perbincangan yang menarik. Bedanya ada di masa. Dan di masa yang beda, perspekifknya juga beda.

Dulu, sebelum adanya tenaga medis seperti dokter, ramuan penggugur kandungan itu sudah ada. Dan sudah digunakan. Hanya saja, sering kali ramuan tersebut justru membuat wanita hamil celaka. Dan dulu, yang membuat ramuan semacam ini adalah dukun. Hingga akhirnya ada istilah dukun penggugur kandungan.

Sekarang, dukun semacam itu tidak berani lagi tampil secara terang-terangan. Hal ini disebabkan adanya larangan dan juga stigma.

Namun, apakah itu membuat ramuan penggugur kandungan tidak lagi digunakan? Tidak juga. Bukannya tidak ada tapi justru setiap orang bisa membuatnya sendiri. Karena keterbukaan informasi, mereka bisa mengakses ilmu pengetahuan tentang apapun di internet. Tak terkecuali obat tradisional penggugur kandungan.

Kontroversi masih ada. Ketika dulu dibuat oleh dukun yang ahli ramuan tersebut belum tentu berhasil. Bagaimana jika digunakan sembarang orang? Anda bisa jawab sendiri. Di sini lah letak kontroversinya.

Terlepas dari hal tersebut, ramuan tradisional penggugur kandungan itu memang ada. Dan hingga sekarang, ramuan tersebut masih digunakan. Bahkan, sering kali ini dijadikan alternatif terbaik bagi mereka yang tidak menghendaki sebuah kehamilan.

Ramuan yang Sering Digunakan

Lalu, ramuan apa yang sering digunakan? Sebenarnya, ada banyak sekali jenis ramuan tersebut. Ada yang menggunakan bahan alami seperti kunyit dan asam jawa. Dua bahan ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka janin bisa keguguran. Janin bisa luntur dan keluar dari rahim.

Tidak sulit untuk mendapatkan ramuan kunyit dan asam jawa. Bahkan, ini sudah dijual bebas. Memang minuman ini tidak dibuat dengan tujuan menggugurkan kandungan melainkan untuk kesehatan. Akan tetapi, tidak sedikit wanita yang hamil di luar nikah mengkonsumsi jamu ini untuk menggugurkan kandungan.

Apakah ada alternatif lain? Ada banyak sekali. Setiap wanita pasti pernah merasakan hal yang kurang nyaman saat menstruasi. Makanya, ada obat modern untuk melancarkan menstruasi. Ternyata, ini juga yang sering digunakan untuk menggugurkan kandungan. Jadi, obat yang seharusnya digunakan untuk melancarkan haid justru digunakan untuk menggugurkan kandungan.

Nah, itulah beberapa ramuan penggugur kandungan. Tidak ada larangan untuk mengedarkan ramuan tersebut. Semuanya bisa didapatkan dengan mudah. Namun, apakah efektif dan aman? Itu yang masih menjadi pertanyaan.

Efek Samping Ramuan Menggugurkan Kandungan

Tidak satu pun orang yang menyarankan untuk melakukan pengguguran kandungan. Bahkan, di negara maju pun, menggugurkan janin harus dilakukan dengan cara yang super aman. Setidaknya harus ada tenaga medis yang membantu.

Kenapa demikian? Karena menggugurkan bayi dalam kandungan bisa berisiko. Apalagi jika hanya menggunakan ramuan saja. Misalnya saja pendarahan hebat. Jika pendarahan terus terjadi, bukan tidak mungkin sang ibu hamil kehabisan darah. Dan apa yang terjadi? Ia bisa meninggal.

Belum lagi jika ada masalah kerusakan pada rahim. Ramuan layaknya obat untuk abrosi itu bisa merusak dinding rahim. Jika ini terjadi, rahim bisa infeksi. Lebih parah lagi, rahim bisa tidak lagi kuat untuk mengandung bayi selanjutnya.

Itulah yang harus menjadi catatan tersendiri sebelum menggunakan ramuan apapun. Setiap obat ada efek sampingnya. Dan ini harus dijadikan bahan pertimbangan.

Jika ditanya apakah ada obat aborsi, tentu saja ada. Apalagi ada beberapa negara yang melegalkan aborsi. Jadi, sudah bisa dipastikan caranya yang aman bagaimana dan obat apa yang tepat untuk digunakan.

Apapun itu, ramuan penggugur kandungan itu sudah ada sejak dulu. Dan sekarang masih ada dan masih digunakan.




Leave a Reply

Your email address will not be published.


Comment


Name

Email

Url