Masih Manjurkah Cara Menggugurkan Kandungan dengan Asam Jawa?

Cara menggugurkan kandungan dengan asam jawa

Cara menggugurkan kandungan dengan asam jawa sudah banyak diketahui orang. Hanya saja, ini tidak sekedar mengkonsumsinya begitu saja. Karena ramuan tradisional ini sudah sebenarnya bagus untuk kesehatan. Jadi, tidak setiap wanita hamil bisa keguguran setelah minum asam jawa.

Lebih dari itu, Orang Jawa sudah terbiasa masak masakan yang kandungannya asam jawa. Ini menjadi penyedap rasa. Selain itu, asam jawa juga ditambahkan di dalam makanan agar memiliki tubuh lebih fit. Ada juga yang menjadikannya sebagai obat.

Maka dari itu, cara menggugurkan kandungan dengan asam jawa menuai kontroversi. Bahkan, tidak sedikit para ahli medis yang melakukan penelitian tentang hal ini.

Fakta Kesehatan tentang Asam Jawa

Sebenarnya, orang terdahulu sudah menggunakan asam jawa sebagai obat. Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, asam jawa juga sering dijadikan sebagai salah satu bumbu makanan.

Hal ini bukan tanpa alasan. Orang terdahulu sudah tahu manfaat asam jawa untuk kesehatan. Mereka merasa lebih sehat dan bugar setelah mengkonsumsi asam jawa. Hingga akhirnya mereka juga membuat minuman khusus yang bahan utamanya asam jawa.

Seiring berjalannya waktu, ada penelitian yang dilakukan oleh ahli medis. Dengan peralatan modern, mereka menemukan fakta menarik. Ada kandungan yang disebut dengan kurkumin di dalam asam jawa. Kandungan inilah yang menyebabkan rasa asam. Dan di dalamnya, ada zat yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Itulah mengapa asam jawa kemudian dibuat sebagai obat. Atau sekarang lebih dikenal sebagai ramuan tradisional. Orang dulu hingga sekarang menggunakan asam jawa sebagai obat untuk mengatasi osteoporosis, kanker usus besar, dan maag. Bagi wanita, asam jawa digunakan sebagai obat pelancar menstruasi.

Setelah diketahui bisa melancarkan menstruasi, muncullah percobaan cara menggugurkan kandungan dengan asam jawa. Karena dianggap bisa melancarkan menstruasi, maka ini juga bisa menggugurkan janin di dalam kandungan.

Cara Menggugurkan Kandungan dengan Asam Jawa

Apakah bisa? Belum tentu. Tidak ada yang bisa memastikan asam jawa bisa menggugurkan janin di dalam kandungan. Hanya saja, risiko bayi keguguran itu bisa terjadi.

Kandungan kurkumin di dalam asam jawa bisa menyebabkan kontraksi. Kontraksi inilah yang kemudian disinyalir sebagai penyebab keguguran. Kontraksi menjadi tidak berbahaya jika bayi sudah masuk usia trimester kedua dan rahim sudah dalam kondisi yang kuat.

Maka dari itu, beberapa wanita hamil mengalami keguguran karena minum obat asam jawa di masa hamil muda. Kondisi janin yang belum kuat, begitu juga dengan rahim, membuat bayi meninggal di dalam kandungan.

Jadi, jika ada pertanyaan apakah janin bisa digugurkan dengan asam jawa? Jawabannya bisa ya bisa juga tidak. Bisa mengalami keguguran jika ada beberapa kondisi:

  1. Masa Kehamilan Muda
  2. Kondisi Janin Belum Kuat
  3. Mengkonsumsi Obat Asam Jawa Terlalu Banyak

Jadi keterangan tersebut, Anda bisa simpulkan sendiri bagaimana cara menggugurkan kandungan dengan asam jawa.

Apakah Ada Komplikasi yang Bisa Terjadi?

Tidak ada obat yang tidak menimbulkan komplikasi atau efek samping. Tak terkecuali obat asam jawa. Menurut ahli medis, kelebihan mengkonsumsi asam jawa bisa menyebabkan keguguran. Mungkin ini salah satu komplikasi yang sangat mungkin terjadi.

Awalnya, pendarahan akan muncul. Inilah komplikasi pertama yang akan terjadi. Saat pendarahan terus terjadi, janin akan keluar berbentuk gumpalan darah. Sama seperti tindakan aborsi.

Akan tetapi, ada efek samping lainnya. Misalnya saja gangguan pada hati dan juga alergi. Dua hal ini bisa terjadi entah itu pada ibu hamil ataupun tidak. Pria pun bisa mengalaminya.

Setiap orang akan mengalami komplikasi yang berbeda. Komplikasi ini terjadi bisa disebabkan dua faktor. Yang pertama, kondisi kesehatan setiap individu yang mengkonsumsi asam jawa. Yang kedua, seberapa banyak asam jawa dikonsumsi.

Untuk itu, cara menggugurkan kandungan dengan asam jawa tidak selalu berjalan mulus. Ada yang tidak sengaja tapi keguguran. Ada juga yang sengaja tapi tidak mengalami keguguran. Justru yang terjadi adalah komplikasi seperti penjelasan di atas.




Leave a Reply

Your email address will not be published.


Comment


Name

Email

Url