Cara Menggugurkan Kandungan Dengan Aman

 

obat aborsi

 

Cara Menggugurkan Kandungan Dengan Aman

Mengggurkan kandungan alias aborsi sering diidentikkan dengan mengakhiri kehamilan yang tidak diinginkan dan merupakan perbuatan yang ditentang banyak orang. Padahal, dalam kasus tertentu, aborsi bisa jadi pilihan terbaik untuk ibu dan janin di dalam kandungan. Terdapat beberapa cara menggugurkan kandungan yang dapat dilakukan di klinik atau rumah sakit ketika ditemukan indikasi medis pada kehamilan Anda.

 

Lalu, apakah makna dari aborsi itu?

Sebenarnya, pada dasarnya aborsi adalah tindakan medis sebagai cara untuk menghentikan sebuah kehamilan yang akhirnya membuat seorang bayi tidak jadi lahir, atau biasa disebut juga dengan cara untuk menggugurkan kandungan. Disinilah ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk melakukan aborsi. Dimana dari cara yang tradisional ini bisa dilakukan dengan menggunakan jamu – jamuan dan menggunakan nanas muda.

Beberapa orang kerap melakukan aborsi dengan bantuan obat dari toko yang jual obat aborsi. Karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, salah satu cara paling aman untuk wanita yang melakukan aborsi kandungan adalah dengan cara minum obat. Biasanya ini kerap dilakukan oleh para wanita yang masih menginjak kehamilan di usia 12 minggu. Barulah kemudian mereka melakukan tindakan aborsi dengan cara tersebut.

Berbagai cara menggugurkan kandungan

Ada kalanya keberadaan buah hati yang sangat berharga justru dianggap belum tepat oleh para orang tuanya ataupun salah satu dari mereka. Sehingga, karena belum siapnya mereka memiliki buah hati, mereka kemudian berpikir untuk mengugurkan kandungannya. Hanya saja, ada beberapa orang yang justru tidak begitu memahami tentang tata cara melakukan aborsi dengan benar. Sehingga, kemudian mereka menggunakan oba tyang dijual bebas oleh orang yang jual obat aborsi dengan illegal.

Secara umum, terdapat dua cara menggugurkan kandungan dengan prosedur medis, yaitu:

1. Obat penggugur kandungan

obat yang sering diresepkan dokter untuk menggugurkan kandungan adalah mifepristone (Korlym) dan misoprostol (Cytotec). Kedua obat ini bekerja dengan cara menghambat kerja hormon progesteron, yaitu hormon yang dibutuhkan embrio untuk tumbuh dan berkembang. Obat ini juga akan memicu kontraksi rahim dan mendorong jaringan embrio keluar.

Obat mifepristone dan misoprostol dapat diminum langsung secara oral atau dimasukkan ke dalam vagina. Setelah beberapa jam minum obat tersebut, biasanya seseorang akan mengalami kram perut dan perdarahan hebat.  Dibutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat hari sampai semua jaringan embrio benar-benar keluar dari tubuh Anda.

2. Prosedur operasi

Prosedur operasi untuk menggugurkan kandungan sebenarnya akan bergantung pada usia kehamilan Anda. Jika berada pada trimester pertama, kemungkinan besar Anda akan menjalani prosedur aspirasi vakum. Sementara itu, apabila berada di trimester kedua (sudah lebih dari 13 minggu kehamilan), Anda kemungkinan akan menjalani prosedur dilatasi dan evakuasi (D&E ). Nah, jika usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester ketiga, prosedur yang dianjurkan adalah dilatasi dan ekstraksi (D&X).